BAB 1
PENDAHULUAN
1.1 Latar Belakang Masalah
Motor induksi merupakan motor listrik yang banyak dimanfaatkan pada industri-industri dan peralatan rumah tangga, seperti : pompa, fan, kipas, penutup katup, pembuka katup dan lain sebagainya, dimana pada dasarnya peralatan atau mesin produksi tersebut membutuhkan motor listrik sebagai penggeraknya.
|
Pada pengaturan kecepatan metode eddy current ini, apabila terjadi gangguan seperti overload beban mekanik yang diputarnya, maka kemungkinan terjadinya kerusakan pada motor dapat diminimalkan dikarenakan pengaturan kecepatan putarannya yang dilakukan pada penggerak eddy current bukan pada motornya serta beban yang diputarnya pun diputar oleh rotor penggerak eddy currentnya bukan oleh rotor motor. Jadi apabila terjadi overload, motor tidak terpengaruh dampak secara langsung tetapi penggerak eddy currentnya lah yang terkena dampaknya secara langsung.
1.2 Identifikasi Masalah
Identifikasi masalah yang diharapkan dari pembahasan tentang studi pengaturan kecepatan putaran motor induksi tiga fasa dengan metode eddy current ini adalah bagaimana hubungan antara kecepatan putaran yang dihasilkan dengan tegangan pengaturannya sehingga dapat diketahui berapa besarnya tegangan exitasi yang diberikan pada penggerak eddy current agar menghasilkan kecepatan putaran yang diinginkan.
1.3 Tujuan Penelitian
Tujuan pembahasan dari studi pengaturan kecepatan putaran motor induksi dengan metode eddy current ini adalah :
1. Untuk mengetahui berapa besarnya tegangan exitasi yang diberikan pada penggerak eddy current hingga mencapai kecepatan putaran rotor penggerak eddy current tersebut maksimum, sehingga dalam pengaturannya dapat diketahui batasan aman tegangan exitasi yang diberikan pada kumparan penggerak eddy currentnya.
2. Untuk mengetahui keakuratan dari hasil pengaturan kecepatan putaran motor induksi dengan metode eddy current.
1.4 Pembatasan masalah
Ruang lingkup permasalahan yang dibahas pada penelitian ini yaitu:
1. Tidak membahas metode eddy current secara otomatis hanya manual.
2. Tidak membahas pengaturan kecepatan putaran selain pada torsi beban penuh seperti pada torsi maksimum dan torsi-torsi yang lainnya..
3. Tidak membahas pengaturan kecepatan putaran dengan beban mekanik yang berubah-ubah.
4. Tidak membahas pengaturan kecepatan putaran dengan merubah putaran penggerak pada motor.
1.5 Metode Penelitian
Adapun metode yang digunakan pada penelitian ini adalah :
1. Studi kepustakaan, yaitu menggali teori-teori dari media informasi seperti buku, internet dan lain sebagainya, yang berkaitan dengan materi yang dibahas pada penelitian tugas akhir ini.
2. Diskusi, yaitu melakukan tanya jawab dengan dosen pembingbing, dosen dan juga rekan-rekan yang bergerak pada bidang teknik elektro.
3. Percobaan, yaitu melakukan penelitian, percobaan dan pengujian secara langsung pada objek yang diteliti dengan mengacu pada teori tentang permasalahan ini.
1.6 Sistematika Penelitian
Pembahasan mengenai studi pengaturan kecepatan putaran motor induksi tiga fasa dengan metode eddy current ini disusun berdasarkan sistematika berikut :
BAB I. PENDAHULUAN
Berisi tentang : Latar Belakang Masalah, Tujuan Pembahasan, Batasan Masalah, Metoda Penelitian dan Sistematika Penulisan.
BAB II.TEORI DASAR MOTOR INDUKSI, MEDAN MAGNET DAN METODE EDDY CURRENT
Berisi tentang : Teori dasar kecepatan putaran motor induksi dan medan magnetik, yaitu mengenai teori-teori yang berhubungan dengan kecepatan motor induksi dan eddy current.
BAB III.DATA SPESIFIKASI DAN DATA DILAPANGAN
Berisi tentang : Penjelasan mengenai aplikasi pengatur putaran penggerak eddy current dan data hasil pengukuran dilapangan.
BAB IV. ANALISA PERHITUNGAN MOTOR INDUKSI DAN PENGGERAK EDDY CURRENT
Berisi tentang : Konsep pengaturan kecepatan putaran dengan metode eddy current dilihat dari sisi analisa perhitungan matematis.
BAB V. KESIMPULAN DAN SARAN
Berisi tentang : Kesimpulan dan Saran.