BAB I
PENDAHULUAN
1.1. Latar Belakang
Kemajuan ilmu pengetahuan dan teknologi yang semakin pesat, memiliki dampak yang luas disegala bidang. Salah satu bidang yang paling terkena dampaknya adalah sektor perekonomian. Bidang perekonomian memegang peranan penting dalam menunjang bidang – bidang yang lainnya, baik itu dalam aspek sosial, politik, pemerintahan, pertahanan dan keamanan serta kesejahteraan masyarakat.
Sebuah negara yang memiliki sistem perekonomian yang kuat akan mampu bersaing dengan negara – negara maju lainnya didunia. Indonesia sebagai negara yang kaya dan potensial akan sumber daya alamnya, harus dikelola dengan baik sehingga mampu menunjang bidang perekonomian. Dewasa ini perkembangan sektor perekonomian di Indonesia khususnya dunia usaha, baik yang dikelola pihak pemerintah maupun swasta sudah menunjukan hasil yang cukup menggembirakan, terutama perkembangan perekonomian Indonesia pasca kirisis.
Perusahaan sebagai pelaku dunia usaha dituntut harus mampu mengembangkan suatu rencana strategis pengembangan usaha terutama dalam menyikapi persaingan yang terjadi, untuk mencapai tujuan dan sasaran perusahaan dalam skala jangka pendek, jangka menengah maupun jangka panjang.
Untuk mencapai tujuan tersebut disadari bahwa tujuan pemasaran sangat diperlukan yaitu untuk membuat perusahaan memperoleh apa yang menjadi tujuan perusahaan. Merancang sistem saluran distribusi dalam aspek strategi pemasaran adalah hal yang penting dalam usaha mempertahankan kelangsungan hidup perusahaan, yang mana strategi pemasaran merupakan cara untuk mengetahui faktor-faktor yang dikendalikan dan yang tidak dapat dikendalikan agar dapat memperoleh keunggulan bersaing, meningkatkan volume penjualan dan laba perusahaan yang maksimal. Strategi pemasaran mempunyai peran yang sangat penting untuk keberhasilan perusahaan umumnya dan dibidang pemasaran khususnya. Disamping itu saluran strategi pemasaran harus dapat memberi gambaran yang jelas dan terarah tentang apa yang akan dilakukan perusahaan dalam menggunakan kesempatan atau peluang pada beberapa pasar sasaran.
Salah satu prioritas dalam penentuan strategi pemasaran perusahaan adalah dalam aspek penentuan saluran distribusi pemasaran produk. Karena perusahaan yang mampu menerapkan dan mengembangkan strategi saluran distribusi pemasaran yang tepat, dapat menghasilkan volume penjualan produk yang optimal, sehingga menghasilkan laba dan mendatangkan keuntungan bagi perusahaan.
Berdasarkan uraian di atas, maka penulis tertarik untuk mengadakan penelitian tentang masalah pelaksanaa strategi saluran distribusi produk pada CV. Al-Fath Production Bandung. CV. Al-Fath Production Adalah perusahaan yang bergerak dalam bidang produksi dan distribusi produk fashion, printing, Accesories, souvenir, dll. Penulis akan mencoba membahas mengenai pelaksanaan saluran distribusi yang diterapkan perusahaan dengan judul :
“TINJAUAN PELAKSANAAN SALURAN DISTRIBUSI DALAM UPAYA MENINGKATKAN PENJUALAN PADA CV. AL-FATH PRODUCTION BANDUNG
1.2. Identifikasi Masalah
Berdasarkan latar belakang yang telah diuraikan di atas, maka masalah yang dapat diidentifikasi adalah sebagai berikut:
1. Apa tujuan pelaksanaan saluran distribusi pemasaran dalam upaya meningkatkan volume penjualan pada CV. Al – Fath Production di Bandung
2. Bagaimana pelaksanaan saluran distribusi pemasaran dalam upaya meningkatkan volume penjualan pada CV. Al – Fath Production di Bandung
3. Faktor-faktor apa saja yang mendukung pelaksanaan saluran distribusi pemasaran dalam upaya meningkatkan volume penjualan pada CV. Al – Fath Production di Bandung
4. Hambatan-hambatan apa saja yang dihadapi dalam pelaksanaan saluran distribusi pemasaran dalam upaya meningkatkan volume penjualan pada CV. Al – Fath Production di Bandung
1.3. Maksud dan Tujuan Penelitian
Maksud penelitian ini adalah untuk mengumpulkan data yang diperlukan, mengolah dan menganalisanya berdasarkan teori yang didapat dari hasil perkuliahan. Adapun hasil pengolahan dan analisa data tersebut, akan dipergunakan untuk menyusun Laporan Tugas Akhir, sebagai salah satu syarat yang harus dipenuhi dalam menempuh Ujian Sidang Diploma III Pendidikan Ahli Administrasi Perusahaan Fakultas Ekonomi Universitas Padjadjaran.
Adapun tujuan dari penelitian ini adalah:
1. Untuk mengetahui tujuan pelaksanaan saluran distribusi pemasaran dalam upaya meningkatkan volume penjualan pada CV. Al – Fath Production di Bandung
2. Untuk mengetahui pelaksanaan saluran distribusi pemasaran dalam upaya meningkatkan volume penjualan pada CV. Al – Fath Production di Bandung
3. Untuk mengetahui faktor-faktor yang mempengaruhi pelaksanaan saluran distribusi pemasaran dalam upaya meningkatkan volume penjualan pada CV. Al – Fath Production di Bandung
4. Untuk mengetahui factor-faktor yang menghambat dalam pelaksanaan saluran distribusi pemasaran dalam upaya meningkatkan volume penjualan pada CV. Al – Fath Production di Bandung.
1.4. Kegunaan Hasil Penelitian
Penelitian ini diharapkan dapat berguna bagi :
1. Bagi penulis
Penelitian ini diharapkan dapat menambah wawasan dan pengetahuan. Selain itu untuk menerapkan teori-teori yang diperoleh selama masa perkuliahan dan membandingkannya dengan kondisi realitas nyata yang ada di perusahaan.
2. Bagi perusahaan
Diharapkan dapat memberikan masukan yang berguna bagi perusahaan dalam hal pengendalian dan pengembangan program pemasaran dan saluran distribusi pemasaran pada perusahaan di masa yang akan datang.
3. Bagi pihak lain
Hasil penelitian ini diharapkan dapat menjadi bahan acuan serta sumber informasi bagi pihak lain yang secara langsung ataupun tidak langsung tertarik pada masalah yang diteliti.
1.5. Jadual Penelitian
Untuk memperoleh data yang diperlukan dalam penyusunan Laporan Tugas Akhir ini, maka penulis melakukan penelitian pada CV. Al – Fath Production Jl. Gegerkalong Girang No. 61 Bandung 40153.
Penelitian ini dilakukan dari bulan Mei 2005 s.d. Juli 2005
Tabel 1.1 Jadual Penelitian
No | Keterangan | Mei 2005 | Juni 2005 | Juli 2005 | ||||||||||||
1 | 2 | 3 | 4 | 5 | 1 | 2 | 3 | 4 | 5 | 1 | 2 | 3 | 4 | 5 | ||
1. | Pengajuan Outline |
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
2. | Persetujuan Outline |
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
3. | Observasi Lapangan |
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
4. | Penyusunan Laporan |
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
5. | Penyerahan Laporan |
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|