BAB I
PENDAHULUAN
1.1. Latar Belakang
Seiring dengan perkembangan perekonomian di negara Indonesia saat ini, juga pengaruh dari perkembangan teknologi yang menyebabkan perusahaan dalam perkembangannya dituntut untuk lebih kreatif dan inovatif, sehingga membuat semakin ketatnya persaingan dalam dunia bisnis, dengan semakin ketatnya tingkat persaingan maka dibutuhkan pula fungsi pemasaran yang baik, sehingga tujuan yang di harapkan oleh perusahaan akan tercapai, karena pemasaran perupakan pilar utama yang penting dalam kelangsungan hidup perusahaan.
Perusahan yang unggul adalah mereeka yang dengan tangkas menyiasati perubahan bisnis dan dapat memanfatkan peluang-peluang yang ada, serta mereka yang berhasil memberikan kepuasan bagi pelanggannya, tentunya dengan sesuatu yang hal yang efektif dan efisien, salah satunya melalui komunikasi secara baik bagi pelanggannya, sehingga hubungan antara produsen atau perusahan dengan pelanggannya akan semakin erat dan harmonis.
Perusahaan membutuhkan komunikasi dengan pelanggannya yaitu dengan cara melakukan promosi, semakin gencar perusahaan melakukan promosi maka akan semakin dekat di benak pelanggannya. Oleh karena itu banyak perusahan yang berani mengeluarkan anggaran yang cukup besar untuk biaya promosi. Media atau alat promosi yang sering dilakukan perusahaan antara lain melalui: periklanan, Penjualan Personal, Pemasaran Langsung, Hubungan Masyarakat, dan Promosi Penjualan, Alat alat promosi tersebut dapat digunakan sesuai dengan kebutuhan dan kemampuan dari perusahaan itu sendiri.
Berdasarkan uraian di atas, maka penulis tertarik untuk mengadakan penelitian tentang masalah promosi dalam upaya mempertahankan loyalitas pelanggan pada PT.Indosat Tbk. Cabang Bandung yang merupakan perusahaan yang bergerak di bidang jasa telekomunikasi, penulis akan mencoba membahas mengenai promosi khususnya produk jasa telekomunikasi yang diterapkan perusahaan dengan judul :
“PELAKSANAAN PROMOSI DALAM UPAYA MEMELIHARA LOYALITAS PELANGGAN PADA PT. INDOSAT Tbk. CABANG BANDUNG”.
1.2. Identifikasi Masalah
Berdasarkan uraian di atas, maka dapat diidentifikasikan masalah-masalah pokok sebagai berikut :
1.) Apa tujuan pelaksanaan promosi pada PT. Indosat Tbk cabang Bandung
2.) Bagaimana pelaksanaan promosi dalam upaya memelihara loyalitas pelanggan pada PT. Indosat Tbk cabang Bandung
3.) Faktor faktor yang Mendukung pelaksanaan promosi dalam upaya memelihara loyalitas pelanggan pada PT. Indosat Tbk cabang Bandung
4.) Faktor faktor yang menghambat pelaksanaan promosi dalam upaya memelihara loyalitas pelanggan pada PT. Indosat Tbk cabang Bandung
1.3. Maksud dan Tujuan Penelitian
Maksud dari penelitian ini adalah untuk memperoleh data dan informasi sebagai bahan untuk menyusun Laporan Tugas Akhir ini, yang merupakan salah satu syarat dalam menempuh ujian sidang Program Diploma III PAAP FE-UNPAD Bandung jurusan Manajemen Pemasaran.
Adapun tujuan penelitian ini adalahuntuk mengetahui:
1.) Tujuan pelaksanaan promosi pada PT. Indosat Tbk cabang Bandung
2.) Bagaimana pelaksanaan promosi dalam upaya memelihara loyalitas pelanggan pada PT. Indosat Tbk cabang Bandung
3.) Faktor faktor yang mendukung pelaksanaan promosi dalam upaya memelihara loyalitas pelanggan pada PT. Indosat Tbk cabang Bandung
4.) Faktor faktor yang mendukung pelaksanaan promosi dalam upaya memelihara loyalitas pelanggan pada PT. Indosat Tbk cabang Bandung
1.4. Kegunaan Penelitian
1.) Bagi perusahaan
Khususnya bagi PT. Indosat Tbk. Cabang Bandung, hasil penelitian ini diharapkan dapat memberikan sumbangsih pemikiran dan bahan pertimbangan atau masukan dalam memperbaiki serta meningkatkan pelaksanaan promosi yang dilakukan oleh perusahaan dalam upaya memelihara loyalitas pelanggannya.
2.) Bagi penulis
Hasil penelitian diharapkan dapat menambah wawasan dan pengetahuan secara teoritis maupun secara praktis juga pengalaman mengenai promosi.
3.) Bagi pihak lain
Hasil penelitian ini diharapkan dapat memberikan sumbangan pemikiran yang berarti pada semua pihak, khususnya rekan-rekan mahasiswa dalam melaksanakan penelitian yang berhubungan dengan masalah pelaksanaan promosi di masa yang akan datang.
1.5. Jadual Penelitian
Penelitian dilaksanakan pada PT.Indosat Tbk.. Cabang Bandung, Jl. Asia Afrika 111 Bandung 40111. Telp 022-424 0737 Fax 022- 421 3205
Penelitian dilaksanakan pada bulan pada bulan Mei 2005 sampai dengan bulan Juli 2005.
Tabel 1.1 Jadual Penelitian
No | Keterangan | Mei 2005 | Juni 2005 | Juli 2005 | ||||||||||||
1 | 2 | 3 | 4 | 5 | 1 | 2 | 3 | 4 | 5 | 1 | 2 | 3 | 4 | 5 | ||
1. | Pengajuan Outline |
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
2. | Persetujuan Outline |
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
3. | Observasi Lapangan |
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
4. | Penyusunan Laporan |
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
5. | Penyerahan Laporan |
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|